Diet untuk Si Kecil

(Well, sebenernya ini contoh tulisan untuk artikel yang diminta oleh suatu redaksi majalah lifestyle di Jakarta. So, gaya penulisan di sini ya gw sesuaikan dengan gaya penulisan majalah tersebut. Semoga lolos tahap seleksi dan editing ya… Amiien… Heheh. Masih belajar neh. Need your critics and comments!)

Para ibu dan orangtua tentu mengenal efek dari zat gula yang dikonsumsi secara berlebihan oleh si buah hati. Hal ini merupakan alasan yang tepat mengapa mereka tidak Anda berikan kudapan manis yang berlebihan sebelum bepergian atau menjelang tidur. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para ibu dalam mengatur pola makan atau diet yang sehat dan seimbang untuk si kecil.

Beri Contoh

Beri contoh pada si kecil dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang, terutama sayuran dan buah-buahan. Jangan memberi contoh pada mereka dengan mengkonsumsi kudapan manis atau yang tidak sehat termasuk juga seperti makanan siap saji. Makanan siap saji khusus dikonsumsi hanya pada saat atau acara tertentu saja. Mengkonsumsinya setiap hari atau bahkan lebih dari sekali setiap hari merupakan cara yang sebaiknya tidak Anda lakukan.

Pilih Makanan yang Sehat

Konsumsi makanan yang bergizi seimbang, terutama untuk asupan serat, protein, air dan mineral, karbohidrat, kalsium, vitamin dan lemak. Pilih lebih banyak protein nabati, perbanyak konsumsi sayuran dan buah. Jika memang sedang bepergian atau terpaksa harus makan di luar, pilihlah alternatif makanan yang menyehatkan seperti salad dengan daging ayam tanpa lemak dan hindari porsi atau ukuran besar.

Kurangi Bahan Pengawet

Kudapan ringan yang sehat diperlukan pula untuk tubuh si kecil. Kandungan gizinya tentu harus diperhatikan. Kue atau brownies buatan sendiri merupakan kudapan aman tanpa bahan pengawet yang dapat dikonsumsi si kecil. Hindari juga penambahan ekstra minyak atau lemak ke dalam makanan atau kudapan.

Pemilihan Waktu yang Tepat

Hindari memberikan si kecil junk food atau makanan siap saji ketika mereka tidak melakukan aktivitas berat semacam olahraga dan bermain, misalnya yaitu ketika menjelang tidur.

Imbangi dengan Aktivitas dan Olahraga

Terakhir, olahraga dan beraktivitas untuk kebugaran fisik sangatlah penting untuk mengimbangi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh secara berlebihan. Dengan aktivitas dan olahraga ini pula, asupan makanan tersebut diubah oleh tubuh menjadi energi. Selain itu, tubuh si kecil juga akan menjadi lebih sehat tentunya.

 

References:

http://parentingsquad.com/ways-to-improve-your-children-s-diet-and-maybe-avoid-adhd

Dan dari berbagai sumber

Advertisements

~ by Rizki on December 18, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: