Floss Your Teeth Everyday!

Postingan baru ini mengenai kesehatan gigi (lagi). Sebenarnya terinspirasi oleh lagunya Owl City yang berjudul Dental Care, yang suka bikin saya senyum-senyum sendiri karena lirik dan musiknya renyah, ringan, dan jenaka. Plus, curhat colongan banget mengenai gigi. Heheh. Okay, postingan kali ini tentang dental floss atau benang gigi.

Flossing atau membersihkan gigi dengan benang gigi memang tidak akrab di telinga kebanyakan para orang tua kita zaman dulu. Padahal sebenarnya, melakukan flossing setiap hari merupakan bagian dari perawatan gigi yang sangat penting dan dapat meningkatkan kesehatan gigi juga gusi. Lebih dari itu, menurut sumber, flossing dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan dengan memperpanjang usia harapan hidup kita!

Ketika kita tidak melakukan flossing dengan teratur, sebenarnya gigi kita sangatlah menderita. Lapisan bakteri yang lunak dan lengket mulai menumpuk pada gigi yang terabaikan, terutama yang berada di bawah garis gusi. Akibatnya, asam yang melekat pada plak gigi mulai merusak bagian luar enamel gigi. Gusi pun dapat teriritasi dan berdarah. Napas juga mulai tercium kurang sedap. Dan jika dibiarkan terlalu lama, plak akan mengeras menjadi tumpukan berwarna kuning atau cokelat yang disebut tartar, dan tumpukan tersebut akan lebih mempermudah plak untuk menempel pada gigi lebih banyak lagi dan lagi. Akhir cerita yang paling parah, gigi akan goyah lalu mudah terlepas dari gusi dan menyebabkan kita tidak lagi bisa tersenyum penuh percaya diri.

Jika Anda mulai tertarik untuk mulai melakukan flossing, ikuti beberapa tips berikut untuk mendapatkan hasil yang maksimal:

  • Pastikan untuk membersihkan gigi dengan benang gigi di bawah garis gusi dan juga lingkarkan benang dengan hati-hati di sekeliling setiap gigi.
  • Bersihkan dengan hati-hati, tapi jangan berhenti jika gusi berdarah. Jika sering melakukan flossing, gusi nantinya akan semakin kuat dan jarang berdarah.
  • Gunakan benang gigi yang baru untuk tiap jeda saat membersihkan gigi.
  • Jika Anda menemukan kesulitan untuk menggunakan benang gigi dengan jari-jari anda, beli benang gigi dengan pegangan yang memudahkan Anda membersihkan gigi.
  • Lakukan rutinitas ini sekali setiap hari, terutama setelah sikat gigi menjelang tidur malam.

Okay, semoga bermanfaat.

Reference:

http://www.preventionindonesia.com/article.php?name=/rawat-gigi-agar-senyuman-tetap-indah&channel

Advertisements

~ by Rizki on June 14, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: