Tingkatkan Kekuatan Otak

Tampaknya saya sedang rajin browsing mengenai kesehatan. Setelah browsing dan mengumpulkan beberapa referensi dan artikel, ternyata ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kekuatan dan ketajaman otak kita. Mumpung masih muda (tapi sudah mulai sering lupa ini-itu… Tapi belum pikun loh ya. Masih waras koq. Paling kumat linglung nya saat sedang stress saja. Heheh), hal-hal yang mungkin simple dan sepele ini patut kita perhatikan.

Kebiasaan untuk mengasah daya ingat dan kemampuan otak (dari berbagai sumber) meliputi:

  • Tidak/kurangi mengonsumsi minuman beralkohol dan juga tidak merokok
  • Menonton siaran televisi kurang dari 1 jam per hari. Alur informasi yang disampaikan melalui televisi begitu cepat, ringkas, sepintas lalu, dan cenderung bukan informasi penting yang membuat otak kita berpikir. Otak kita tidak diberi kesempatan untuk mencernanya terlebih dahulu dan membuat kita malas berpikir/menganalisa dari sudut pandang yang berbeda.
  • Membaca novel/buku/media bacaan lain
  • Menonton film dengan bobot cerita yang menstimuli kita untuk berpikir, termasuk juga film dokumenter, biografi, dan sejarah.
  • Mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, scrabble, game yang mengasah otak
  • Mengonsumsi ikan, karena mengandung omega-3, seperti ikan salmon, tuna, dan tongkol. Karena asam lemak omega-3 bermanfaat untuk meningkatkan komunikasi antarsel saraf dan melindungi sel otak dari risiko Alzheimer.
  • Mengonsumsi seledri dan paprika hijau yang mengandung luteolin sehingga dapat menyelamatkan otak kita dari peradangan. Luteolin dengan alami memperbaiki sel-sel otak yang rusak. Ini artinya, sel-sel otak kita bisa tetap bekerja maksimal tanpa takut akan mengalami gangguan otak akibat pertambahan usia.
  • Mengonsumsi buah beri. Terutama buah beri yang berwarna gelap, memiliki senyawa bernama antosianin yang membantu komunikasi antara sel otak dan meningkatkan daya ingat, menurut Robert Krikorian, Ph.D., profesor pskiatris dan ilmu neuron di Universitas Cincinnati.
  • Minum teh atau kopi secukupnya. Kafein memiliki dampak yang positif jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat.
  • Menulis dan memiliki buku harian
  • Cukup tidur dan istirahat
  • Memainkan instrumen musik atau mendengarkan musik, terutama musik klasik. Telah banyak penelitian mengenai keterkaitan  antara musik dengan kecerdasan. Musik dapat menstimuli dan meningkatkan sel-sel otak.
  • Learning new languages! Kita tahu bahwa orang yang bilingual /multilingual atau mampu berbicara bahasa asing dengan fasih identik dianggap smart. Mempelajari kosakata baru juga dapat menstimuli dan meningkatkan sel-sel otak. Tidak heran, menjadi bilingual/multilingual merupakan nilai plus bahkan bagi orang-orang bule sana sekalipun.
  • Make plans or lists. Riset menunjukkan orang yang sering membuat rencana dan menantikan acara di masa mendatang, punya risiko Alzheimer 50% lebih rendah.
  • Rutin olahraga, terutama aerobik dan jogging. Menurut penelitian tim dari Cambridge University, berlari atau jogging memicu pertumbuhan ratusan dari ribuan sel otak baru di bagian pembentukan dan penyimpanan memori.
  • One apple a day keeps the doctor away. Kandungan antioksidan dalam apel dapat meningkatkan kadar asetilkolina di otak. Selain itu, kuersetin apel berfungsi melindungi sel otak dari radikal bebas. Apel merupakan buah yang memiliki kandungan lengkap seperti serat, vitamin, protein, dan karbohidrat.
  • Merawat kesehatan gigi, gusi, dan rongga mulut. Penyakit gusi seperti gingivitis dapat merusak sistem syaraf dan kemampuan serta kekuatan otak. Karena itu sikatlah gigi 2 kali sehari (pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur) serta bersihkan lidah dan rongga mulut dengan berkumur menggunakan obat kumur. Dan jangan lupa, bersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan dental floss setiap malam hari sebelum tidur.
  • Bersosialisasi. Ketika kita bersosialisasi, kadar kortisol atau hormone stres kita akan berkurang. Tahun 2006, Rush University mengadakan sebuah penelitian pada 89 orang lanjut usia, hasilnya tidak ditemukan tangle atau plak penyebab Alzheimer di otak mereka. Hal ini disebabkan oleh hubungan mereka yang erat dan harmonis dengan teman dan keluarganya.
  • Relax your mind and body. Menurut riset di Institut Teknologi Kalifornia, saat kita bersantai, memori otak kita bekerja dengan lebih baik. Sisihkan beberapa menit setiap harinya untuk menenangkan diri, bahkan bermeditasi.

Okay. Terus asah otak kita. Semoga bermanfaat.

References:

http://id.news.yahoo.com/viva/20100601/tls-jogging-tingkatkan-kekuatan-otak-34dae5e.html

http://preventionindonesia.com/article.php?name=/otak-prima-sepanjang-masa&channel=lifelong_beauty

http://preventionindonesia.com/article.php?name=/cara-sederhana-menajamkan-otak&channel=health

http://preventionindonesia.com/article.php?name=/otak-cemerlang-sampai-tua&channel=health%2Fhealthy_lifestyle

http://mim.yahoo.com/yahooindonesia/p/zQuMeDa/?cid=idtd

Advertisements

~ by Rizki on June 2, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: