Teeth Grinding, Teeth Clenching, Bruxism

Masih postingan mengenai kesehatan gigi. Gw baru menemukan informasi tentang yang satu ini setelah browsing di internet. Judul postingan yang ini emang agak aneh ya untuk orang awam, termasuk gw. Gw sengaja browsing karena gw baru sadar kalo gw ternyata sering mengalaminya. Bahkan semua manusia sering mengalaminya. Tapi gw bahas di sini secara singkat saja. Bisa cek di Wikipedia untuk lebih jelasnya.

Jadi, kalo diartikan dalam bahasa Indonesia, mungkin adalah ‘mengertakkan gigi’. Baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Dan ternyata kita seringkali melakukannya secara tidak sengaja, yaitu ketika kita sedang tertidur lelap. Nah, di suatu malam baru-baru ini, gw sampe terbangun gara-gara kasus ini. How come? Because gigi atas-bawah gw berbehel dan ketika hal itu terjadi… Beuuuhh! Ngilu sangat! Jadilah gw terbangun dan kepala langsung pening. Waktu awal-awal pake behel juga sering terasa sih, apalagi saat itu kan gigi gw belum seperti sekarang, tapi gw pikir itu wajar karena gigi gw masih harus beradaptasi dengan behel dan terasa agak berat. Lagipula juga gak sengilu yang baru-baru ini. Lalu gw menemukan iklan alat plastik untuk masalah teeth grinding ini di sebuah majalah luar. Jadi alat plastik tersebut digunakan saat kita tidur untuk mengganjal gigi atas dan bawah yang mengatup. Jadi ketika kita melakukan teeth grinding, gigi atas-bawah kita tetap aman karena hanya menggigit alat plastik tersebut.

Kasus ini merupakan gejala umum sleep disorder. Dan faktor-faktor mengapa kita melakukan hal ini saat sedang tidur umumnya adalah:

  • Anxiety, stress, and tension (gelisah, stres, sedang dalam situasi yang menekan dan membuat tinggi tensi) sehingga syaraf dan otot di sekitar kepala dan wajah menegang/mengeras. Hal ini termasuk dengan ketika Anda bermimpi buruk atau mengalami mimpi yang intens
  • Depression (depresi)
  • Earache (infeksi/sakit telinga)
  • Eating disorders
  • Headache (sakit kepala)
  • Insomnia
  • Rahang yang tidak simetris

Masalah ini dapat membuat gigi mengalami pergeseran posisi, patah, rusak, keropos, dan tanggal. Untuk kasus ringan seperti pergeseran posisi memang dapat diatasi dengan ortodonti dan behel. Tapi serem juga ya kalo gigi sampe patah, rusak, tanggal atau keropos.

Okay, semoga bermanfaat.

Advertisements

~ by Rizki on May 24, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: