Perusak Warna Gigi

Sejak gigi atas-bawah gw berbehel, gw jd concern untuk masalah kesehatan gigi. Apalagi, setiap hari gw selalu mengonsumsi teh manis. Memang, gw butuh kadar kafein dari teh untuk menunjang aktivitas harian, dan karena gw nggak bisa minum kopi (gara-gara maag. Lambung gw sudah rentan neh), akhirnya gw lebih memilih minum teh. Tapi dengan banyaknya artikel yang terkait dengan kesehatan gigi dan dampak dari teh manis terhadap kesehatan gigi, tampaknya gw harus mulai berhati-hati.

Tulisan berikut gw dapet dari artikel yang ada di web. Bisa di-klik di sini. Warna gigi yang putih bersih dapat rusak karena kebiasaan dan makanan atau minuman yang kita konsumsi. Ada beberapa makanan dan minuman yang jika dibiarkan menempel lama di gigi bisa memicu perubahan warnanya. Jadi, sebaiknya kita langsung menyikat gigi atau setidaknya berkumur dengan air putih (plain water) setelah mengonsumsi makanan atau minuman berikut:

Kopi, soda, wine. Ketiga minuman tersebut memiliki warna yang pekat dan jika tidak langsung dibersihkan bisa meninggalkan noda pada gigi. Jadi setelah meminumnya, segeralah menyikat gigi atau minimal berkumur dengan air putih.

Rokok. Tidak hanya berefek pada kesehatan, rokok juga membuat gigi menjadi lebih kuning. Nikotin akan meninggalkan noda coklat pada gigi. Buruknya lagi noda tersebut permanen dan sulit untuk dihilangkan. Kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan bau mulut, gingivitis (penyakit gusi) dan meningkatkan risiko kanker mulut.

Makan menjelang waktu tidur. Usahakan jangan makan menjelang waktu tidur. Tidak hanya berpengaruh pada berat badan tetapi juga membuat warna gigi menjadi lebih gelap. Hal itu karena produksi air liur menurun, dan sisa makanan yang tertinggal tidak bisa dibersihkan secara maksimal.

Teh. Meskipun memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tetapi teh bisa meninggalkan noda pada gigi. Terutama apabila suka minum teh setiap hari. Untuk menghindarinya, setelah selesai minum teh usahakan untuk berkumur-kumur dengan air putih.

Okay. Semoga bermanfaat.

Advertisements

~ by Rizki on May 10, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: