Braces Teeth alias Gigi Ber-behel

Postingan sebelumnya gw membahas sedikit mengenai progress alias perkembangan nasib gigi atas-bawah gw yang sedang dalam perawatan menggunakan behel. Di postingan yang ini gw pengen berbagi sedikit tips or info sebelum mulai terjun ke dalam dunia perbehelan (ahahah!). Bagaimanapun, untuk hasil yang maksimal memang membutuhkan banyak pertimbangan. Ini juga berdasarkan pengalaman gw selama ini yang menurut gw… Seru! Semoga cukup membantu dan bermanfaat.

Facts:

  • Orthodontist (dokter gigi spesialis orthodonti) kuliah spesialis selama 2-3 tahun. Mereka lebih paham, terdidik, dan terlatih dalam menangani kasus yang terkait dengan posisi/letak rahang dan gigi (orthodonti). (referensi: http://braces.org).
  • Satu dari lima pasien orthodontist adalah orang dewasa. Jadi tidak ada kata terlambat untuk menggunakan behel. Untuk orang dewasa biasanya karena tumbuhnya gigi geraham bungsu yang seringkali mengubah posisi gigi yang lainnya sehingga seringkali ada gigi yang tidak kebagian tempat seperti seharusnya.
  • Pemasangan behel hanya akan terasa menyakitkan sekitar 5-7 hari setelah check-up sebulan sekali. Karena pada saat check-up kawat yang sebelumnya kendur (karena gigi semakin bergerak) akan dikencangkan kembali.
  • Behel terbuat dari logam non-magnetik dengan campuran stainless steel dan nikel titanium (referensi: Wikipedia).
  • Harga dan teknologi behel semakin beragam. Jika semakin menggunakan teknologi mutakhir dan efisien, maka semakin mahal harganya (misalnya behel yang bracket-nya terbuat dari keramik, bukan metal/logam. Atau Damon System Bracket yang ukurannya lebih kecil, lebih efektif dan efisien. Atau juga teknologi Invisalign di mana behelnya tanpa kawat dan seperti terbuat dari plastik transparan). Jadi  sesuaikan dengan budget juga. Cari info dulu sebelum memulai. Masing-masing dokter dan daerah juga berbeda biayanya. Untuk biaya yang cukup terjangkau, tips dari saya yaitu berkunjunglah ke RSGM (Rumah Sakit Gigi dan Mulut) milik perguruan tinggi negeri seperti UI, Unpad, UGM di mana mahasiswa FKG perguruan tinggi tersebut ko-as di sana. Tapi untuk behel tetap ditangani oleh seorang orthodontist koq. Karena merupakan public service dan RS pendidikan, biayanya cukup terjangkau dibandingkan orthodontist yang buka praktek sendiri. Dan kalo terjadi apa-apa,  secara formalitas dan birokrasi, kita sebagai pasien jadi gak perlu takut juga karena melihat nama besar institusi tersebut.
  • Jadilah pasien yang aktif dan cerdas. Dari cerita pengalaman orang lain biasanya mereka males ke dokter gigi karena males berhadapan dengan dokter gigi yang terkesan cerewet dan (maaf) sok pinter. Tapi ada baiknya bercermin dulu (heheh…). Maksudnya, tunjukkan pula bahwa kita sebagai pasien memahami dan excited dengan kasus yang sedang kita alami tersebut. Jangan lupa untuk menyikat gigi serta lidah dan berkumur dengan obat kumur terlebih dahulu sebelum masuk ke ruang dokter gigi. Kalo perlu, banyakin bertanya dan minta tips dari dokter karena biasanya mereka juga malah jadi seneng berhadapan dengan pasien yang cerdas.
  • Wanita hamil sebaiknya tidak sedang dalam perawatan gigi dengan menggunakan behel. Seperti yang kita ketahui bahwa sistem imun wanita yang sedang hamil menjadi lebih sensitif, karenanya mereka biasanya diberi vitamin khusus oleh dokter kandungan. Jadi jika memakai behel logam/metal standar yang seringkali menimbulkan sariawan di mulut, nanti bisa jadi infeksi atau semacamnya. Selain itu, porsi kalsium yang harus dikonsumsi oleh wanita hamil juga harus sekitar empat kali lebih banyak dari kondisi normal, dan secara otomatis, sistem tubuh mereka biasanya mengambil stok atau persediaan kalsium dari tulang dan gigi untuk janin yang tengah mereka kandung.
  • Sedikit info tambahan dari internet dan tips kesehatan dari beberapa majalah dan suratkabar. You know what? Indikator orang tampak awet muda adalah gigi yang rapi serta sehat dan selalu tersenyum! Aku banyak membaca dan mengamati orang-orang (kebanyakan orang asing or bule) di majalah dan buku-buku mengenai fotografi. Orang-orang usia paruh baya (50 tahunan) dan lanjut usia di sana masih memiliki gigi yang sehat sehingga selalu tampak fresh! Manthaabz! Wajah yg mulai berkerut dan menua memang tampak jelas, tapi dengan bibir dan gigi yang sehat, orang akan lebih terfokus untuk mengamati bibir dan gigi kita. Heheh…! So, rawatlah, bibir dan gigi kita selalu! Aset dan investasi masa depan! Ini termasuk dengan menghindari alkohol dan rokok loh. Tau nggak, orang-orang Eropa n Amrik udah jarang banget yg merokok. Karena itu, supaya pabrik rokok di sana nggak gulung tikar, didistribusikanlah produk rokok ke negara miskin dan berkembang!

Tanda-tanda Perlunya Memakai Behel

  • Kesulitan dalam mengunyah dan menggigit
  • Bau mulut (karena gigi yang tidak rapi merupakan sumber menempelnya sisa-sisa makanan dan plak yang sulit dibersihkan)
  • Gigi yang renggang, menumpuk (crowded), terhalang, bentrok antara atas-bawah sehingga rahang tidak bisa mengatup dengan benar, dst.
  • Rahang yang tidak simetris, berbunyi ketika membuka/menutup, terlalu maju (protrude) atau terlalu mundur (retrude), baik karena kecelakaan maupun karena kebiasaan buruk ketika masa kecil (mengisap jempol, menggigit kuku, atau menggigit ujung pensil), dst.
  • Kesulitan berbicara, pelafalan kata, dst.
  • Seringkali tidak sengaja menggigit bibir or permukaan dalam dari bibir/mulut sendiri (biasanya ketika sedang makan atau berbicara)
  • Gigi yang maju (protrude)

Kisaran Biaya Pemasangan dan Perawatan:
Pemasangan berkisar antara Rp. 2,5 juta-15 juta oleh Drg. Spesialis Ortodontik. Perawatan (check up) berkisar Rp. 60 ribu-300 ribu per datang. Jangan lupa nabung dulu, heheh. But, it’s really worth for it.

Lama Perawatan:
Lama perawatan tergantung ringan atau berat kasus sekitar 1-4 tahun (rata-rata 2 tahun). Dengan catatan pasien rajin melakukan kunjungan sekitar sebulan sekali. Umumnya pada saat perawatan gigi akan dicabut (geraham biasanya) sekitar 2-4 gigi karena dibutuhkan space untuk menggeser posisi gigi. Setelah behel dilepas, biasanya kita akan memakai retainer, yaitu kawat gigi yang bisa dilepas ketika kita makan dan dapat dibersihkan. Lamanya sekitar 1 tahun, dengan 6 bulan pertama harus selalu dipakai setiap hari (dilepas pada saat makan saja), dan 6 bulan berikutnya dipakai cukup pada malam hari saja. Retainer ini digunakan untuk membiasakan gigi yang sudah rapi untuk beradaptasi dengan posisi barunya itu.

 

Tips Merawat Gigi dan Rongga Mulut Selama Memakai Behel:

  • Sikat gigi yang dipakai khusus untuk orthodontik bentuknya kecil dan bulu sikatnya halus. Dijual di apotek, klinik, dan supermarket besar (bukan di warung-warung).
  • Selain itu juga ada sikat tambahan untuk sela2 gigi, karena orang yang pake behel biasanya terbentuknya karang gigi menjadi lebih cepat.
  • Gunakan pasta gigi dengan formula terlengkap agar benar-benar melindungi dan merawat gigi secara intens. Menyikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali proses, yang pertama tanpa pasta gigi terlebih dahulu agar sisa-sisa makanan yang hendak diberantas bisa terlihat dan tidak terhalang buih dari pasta gigi (lakukan di depan cermin tentunya), setelah itu barulah menyikat gigi dan lidah dengan pasta gigi.
  • Wajib berkumur dengan obat kumur setelah menyikat gigi dan bila perlu gunakanlah dental floss (benang gigi). Maka, tidak mengherankan apabila rutinitas menyikat gigi ketika awal masa pemakaian behel bisa mencapai 20 menit.
  • Menyikat gigi dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari: pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.
  • Perbanyak mengonsumsi vitamin C karena akan lebih sering terkena sariawan disebabkan karena tergores behel. Siapkan obat sariawan seperti Albothyl dan bila perlu siapkan juga wax ortho (berupa lilin untuk menutupi bagian logam behel yang tajam). Selain itu, asupan kalsium dan vitamin D yang lebih banyak dari dosis biasanya juga sangat dibutuhkan oleh gigi.
  • Setelah check-up, biasanya bukan hanya gigi yang akan terasa ngilu/nyeri tapi juga rahang, dagu dan kepala bahkan terkadang bisa sampe demam. Hal ini dikarenakan pergerakan gigi yang otomatis berpengaruh ke sistem syaraf dan bentuk kepala serta profil wajah kita. Jadi siapkan painkiller seperti Panadol yang mengandung parasetamol bila perlu.
  • Hindari makanan yang terlalu keras. Potong makanan dengan tangan terlebih dahulu, jangan memotongnya langsung menggunakan gigi. Selain bisa mengacaukan proses pergeseran gigi, juga dapat melepas bracket behelnya. Untuk memasangnya kembali dikenakan biaya tambahan (hahah…).

Okay. Semoga info dan tips ini berguna dan bermanfaat.

 

 

Advertisements

~ by Rizki on January 7, 2010.

19 Responses to “Braces Teeth alias Gigi Ber-behel”

  1. Mantap,, lebih ok lagi gigi nya putih cemerlang,,,

  2. makasih ya bisa jadi pedoman bagi aku krn kemaren aku beru dibehel bukan dikawat,,,,
    mantapzzz

  3. @Rizki
    Hahah… Nama kita sama 😛
    Ok, thanx, sama-sama. Semoga bermanfaat. Take care…

  4. @rizki..apa bedanya dibehel ama dikawat?

  5. Untk Hadis, trims dah visit my blog n read this post.
    Kalo menurut pengamatan dan hemat saya, IMHO, sebenernya secara harafiah artinya sih sama ya. Tapi akhirnya term tersebut mengikuti arti dari bahasa Inggrisnya. Behel = braces. Kawat = retainer. Orang cenderung mengartikan bahwa braces/behel adalah alat ortodonti (berupa kawat dan brackets) untuk merapikan gigi dalam kaitannya dengan fungsi/kesehatan dan estetika gigi, gusi, serta rahang dan wajah; ditanam; permanen; tidak bisa dilepas-pasang secara manual oleh pasien dan hanya ditangani oleh dokter gigi spesialis ortodonti. Sementara kawat/retainer adalah kawat gigi tanpa brackets yang dapat ditangani oleh dokter gigi biasa dan dapat dilepas-pasang oleh pasien jika hendak makan. Sebenernya orang yg pake behel pun, setelah masa perawatan selesai dan behelnya dilepas, akan tetep harus pake retainer selama kurang-lebih setahun untuk membiasakan giginya yang sudah rapi beradaptasi dengan posisi barunya itu.
    Ok, semoga membantu.
    Thanx 🙂

  6. maaf nih numpang nanya kalo di RSGM biaya kontrolnya brp yah? perkiraan saja apa sama seperti yang ditulis itu?

  7. @Dina,
    Di RSGM harganya tentu tidak terlalu mahal. Tapi memang banyak faktor yang membuat harga behel jadi lebih mahal, misalnya bahan bracket nya, kalo kamu milih yg keramik dgn kawat transparan harganya tentu akan lebih mahal.
    Kalo di RSGM berkisar antara Rp. 2,5 juta-5 juta biasanya. Tapi kalo kamu punya sodara, om, tante, kakek, nenek, yang seorang ortodontist pasti harganya jauh lebih murah lagi deh… Heheh 😛

  8. klo di bandung ,
    pasang behel yang bagus dimana yaa ?

  9. apakah posisi pemasangan behel yang berada di atas lambat pengaruhnya sedangkan yang posisi nya agak bwah agak cepat ??
    mohon info ny
    makasih

  10. @Elni
    Coba di RSGM FKG universitas aja, biasanya tarifnya lebih murah dibandingkan dengan ortodontist yang buka praktek sendiri karena sifatnya untuk mengabdi kepada masyarakat. Tapi emang sih jadinya seringkali ngantri panjang dan jadwalnya penuh.

    @Erwin
    Menurut pengalaman saya, tergantung kasus biasanya. Tapi biasanya emang difokuskan gigi yang bawah terlebih dahulu karena nanti gigi yang atasnya akan mengikuti dengan sendirinya. Logikanya, gigi kita kalo mengatup kan atas yg di depan, bawah yang di dalam.

    Semoga bermanfaat.

  11. cara menggosok nya dunks di sertakan video youtube nya 🙂 aqbaru pasang bracket

  12. @Lisa
    Yaah… Cari aja di youtube langsung kalo gitu. Bnyak koq tips untuk dental health gitu. Kalo di-upload d sini, itu kan videonya orang laen, da hak ciptanya. Saya melanggar kode etik kalo nyomot satu untuk di-upload d blog saya…

  13. hai, makasih ya infonya..ohya saya mau tanya dong emangnya behel itu bisa membantu rahang yang bunyi ya? soalnya rahang saya gak pas dan kalo buka-tutup sering bunyi2..
    makasih sebelumnya atas balasannya.

  14. @Intan
    Yep, ini yang saya alami. Sebelumnya rahang sebelah kiri saya juga kurang pas kalo buka-tutup dan sering bunyi. Tetapi setelah setahun memakai behel, intensitasnya sudah mulai berkurang sekitar 80%, meski kadang2 masih suka bunyi juga (tapi mungkin karena belum beres juga perawatannya… Kalo dah selesai n behel dilepas bisa jadi mendekati normal meski gak sampe 100% jg)

  15. mw nanya nih..klo biaya operasi pengangkatan gigi yg tidur brp yah kisaran harganya? tw nda? di rsgm ui gt. thax anyway

  16. sangat berguna..kakak^^

  17. alow all….
    Sy mw jual braces damon system.ada yg clear n metal..
    Sy posisi di jakarta tmr…
    Bila minat hubgn sy putriarifin90@yahoo.com.mkch

  18. makasih tuk informasi na ya,,

  19. ,.q nyari2 sikat interdental/proxy brush susah bgt..
    tahu gk sih,beliny dmn?
    cz q tnggal d cikarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: