New Year 2010 and Braces Update

Happy new year 2010! Well, I think it’s natural… Besides, my family juga bukan tipe yang men-spesial-kan tahun baru. Resolution? I think to finish my sci-fi/fantasy novel. Hahah… It gets more boring to tell you. Actually, it’s already finish, but the editing is a crap. So, the right sentence is probably would be … To finish editing my sci-fi/fantasy novel. Wish me luck!

And, now it’s all about teeth… Teeth… Teeth. Gigi… Gigi… Bukan band ya. Ini beneran mengenai gigi gw. After 6 months wearing braces alias behel di gigi atas-bawah… Perkembangan yang cukup signifikan telah dapat terlihat. Gigi yang bawah terutama, nyaris rapi… Hahah… Sementara gigi yang atas agak lebih lambat untuk menuju kata “rapi”. Meski terasa menghalangi, sekarang terasa jadi lebih asik untuk melafalkan kata dan kalimat, terutama kalo ngomong in English. Heheh… Gw juga dapet tips dari internet and my  first orthodontist (dokter gigi spesialis orthodonti) untuk rajin berfoto diri (cukup dengan kamera hape ajah koq) setiap seminggu sekali untuk melihat perkembangan profil wajah kita. And… Yupz. Garis rahang gw makin terlihat tegas sekarang. Dan baru nyadar kalo tulang rahang gw tinggi… Bener-bener tepat di bawah mata. Rahang bawah/dagu juga jadi persegi. Gw malah jadi  mirip alm. bokap gw dan makin keliatan boyish or androgyny. Adik gw bilang gw seperti cowo cute yg pake kerudung. Wkakakakakwk… LOL.

Perubahan gaya hidup pun tampak signifikan. Semakin O. C. D. (Obsessive Compulsive Disorder)… Ahahah. Awalnya agak ribet untuk menyikat gigi  (serta lidah juga) dan berkumur dengan obat kumur setelahnya, 2 kali sehari (dan awalnya durasi rutinitas ini bisa sampe 20 menit. Tapi sekarang cukup 7-10 menit!). Tapi sekarang hal itu justru menjadi saat-saat yang menyenangkan. Hahah. Dan meskipun terhalang oleh behel, ketika gigi semakin rapi, menyikat gigi pun malah jadi lebih mudah. Sebelum pake behel, menyikat gigi agak susah dan harus detail membersihkan sisa-sisa makanan yang nyelip di sela-sela gigi yang letaknya gak beraturan.  Btw, terkadang juga pake dental floss (benang gigi) kalo bener-bener desperate ada sisa makanan yang nyelip dan kurang mempan diberantas dengan sikat gigi or obat kumur. You know, actually, all these hygene experiences are really fun though. Terkadang sampe merasa terobsesi juga, hahah. Bahkan, setiap berjumpa or ngobrol dengan orang-orang gw jadi bakalan mengamati giginya terlebih dahulu. Nonton pilem or iklan di tipi juga gw amati gigi orang-orang yang ada di situ. I even think that those blue Na’vis in the James Cameron’s Avatar movie have very nice teeth! Huahah! LOL.

Sekarang sungguh paham deh betapa pentingnya merawat gigi. Aset dan investasi masa depan. And you know what? Sebagian besar penyakit/masalah perut dan pencernaan bersumber dari rongga mulut dan kerongkongan. Dan ketika Anda merasa panas dalam atau radang di kerongkongan serta gejala flu, sebaiknya cek lagi kesehatan rongga mulut Anda. Berkumur dengan obat kumur efektif mencegah gejala-gejala tersebut. Dan gigi yang rapi bukan hanya terlihat bagus atau indah, tapi juga sehat, karena gigi akan lebih mudah untuk  disikat/dibersihkan. Hahah… Koq jadi kayak promosi iklan begini ya.

Dan jadi paham juga kenapa orang-orang bule yang memang open-minded (terlalu open-minded malah… Ahahah!) have attractive smiles dan bergigi rapi serta sehat. Ini jadi agak membandingkan fasilitas kesehatan di negara berkembang  dengan negara maju juga deh jadinya. Di Amrik sono fasilitas kesehatan standar itu gratis untuk warga yang berusia di bawah 18 tahun (kecuali untuk kasus berat seperti kecelakaan atau operasi atau kasus yang membutuhkan teknologi mutakhir. Makanya mereka juga aware akan investasi dan asuransi kesehatan). So, kalo usia Anda belom 19 tahun, pasang behel itu gratis di sana!  Malahan diwajibkan memakai behel untuk kesehatan gigi mereka jika memang dibutuhkan. Untuk mahasiswa (di atas usia 18 tahun) di beberapa negara bagian ada yang gratis, tapi biasanya akan diberi diskon khusus (harga mahasiswa kali ya, heheh). Untuk umum dan dewasa juga bisa mendapatkan diskon khusus jika pendapatan Anda tidak termasuk kategori ‘tinggi’, bahkan diskon pada hari-hari tertentu seperti end year sale or diskon akhir tahun juga diadakan di sana. Kalo di beberapa negara Eropa yang bisa gratis pasang behel itu usia 13-17 tahun ke bawah (tergantung dari masing-masing negara). Just infos from Wikipedia.

Okay. Enough to write. I have to back to work.

Listening to :  Paramore – Looking Up

Advertisements

~ by Rizki on January 6, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: